Kamis, 25 Februari 2016

Jenis Kacamata Virtual Reality


1. Oculus Rift

Oculus Rift merupakan sebuah perangkat headset yang menampilkan lingkungan virtual reality yang diciptakan bagi para gamer. Dengannya, pengguna akan merasakan pengalaman seperti masuk ke dalam dunia game yang sedang dimainkannya. Perangkat ini akan menghasilkan tampilan tiga dimensi yang berbeda dengan tampilan 3D menggunakan kacamata yang saat ini banyak beredar. Tampilan pandangan pengguna sangat luas ke mana pun arah kepala bergerak dan mata memandang.Oculus memiliki sensor khusus sehingga pergerakan kepala yang dilakukan akan langsung diterjemahkan ke dalam gerakan pada dunia virtual sehingga pengguna  bisa bebas menjelajah dunia virtual.

Versi : 
Oculus Rift Developer Kit merupakan versi pertama yang ditawarkan ke publik melalui Kickstarter. Versi ini ditawarkan dengan harga yang terbilang terjangkau yaitu sekitar US$300.
Awalnya, Oculus menggunakan layar berukuran 5,6 inci. Setelah kesuksesannya di Kickstarter, pengembang mengubah ukurannya menjadi 7 inci. Oculus memiliki viewing angle hingga 110˚ secara diagonal dan 90˚ secara vertikal serta dukungan resolusi mencapai 1280×800 dpi.
Versi Developer Kit masih terus mengalami pengembangan dan hingga kini hanya mendukung untuk platform PC, memanfaatkan koneksi DVI serta HDMI. Versi consumer-nya diperkirakan bakal mendukung platform lain seperti smartphone.

2. Samsung Galaxy Gear VR


Sang raksasa Korea itu mengungkapkan resmi perangkat virtual reality pertama buatan mereka pada saat peluncuran Galaxy Note 4, yang mengusung nama Gear VR. Pengembangan headset VR Samsung didukung oleh Oculus RIft. Yang kita tidak tahu, mereka telah berkolaborasi selama 12 bulan.
Gear VR dipamerkan secara perdana dalam ajang IFA Berlin 2014. Tapi berbeda dari headset Oculus Rift yang bekerja mandiri dan dapat disambungkan ke berbagai perangkat lain (PC hinggahome console), jantung Gear VR ialah smartphone Galaxy Note 4. Gear VR benar-benar dikhususkan sebagai medium virtual reality untuk device mobile – dengan tulisan ‘powered byOculus’ ketika Anda mengaktifkannya.
Keunggulan utama dari Gear VR adalah ia tidak menggunakan sambungan kabel. Teknologi di dalamnya diracik sedemikian rupa demi “menyajikan ruang virtual reality sinematik.” Maksudnya, ia ditujukan sebagai alat menikmati konten berjenis video atau app multimedia. Samsung dan Oculus setidaknya telah menyiapkan tiga fitur andalan Gear VR.

3. Kacamata Kardus - Google Cardboard

Perangkat berteknologi canggih biasanya identik dengan barang mewah dan harga yang mahal. Tak heran bila saat ini perkembangan smartphone kelas atas baru mencakup kalangan masyarakat menengah ke atas karena harganya yang terbilang masih cukup mahal. Smartphone yang mahal identik dengan kesan mewah, keren dan dilengkapi dengan beragam fitur-fitur canggih yang mumpuni.
Nah, Kalo kedua kacamata diatas mahal, kayaknya kamu harus cobain Google Cardboard. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar